Jumat, 28 Agustus 2009

Tips Hemat Lebaran

Tak dipungkiri menjelang Lebaran kebutuhan ekonomi meningkat bila dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sebagian orang rela berhutang demi memenuhi kebutuhan untuk lebaran, pegadaian akan di serbu menjelang lebaran untuk menggadaikan barang yang dimilikinya. Ini fakta! Entah mereka bener-benar butuh ataukah hanya memenuhi nafsu konsumtifnya atau ego semata. Berikut tips untuk mengurangi pengeluaran anda saat Lebaran datang.

1. Prioritaskan Membeli Kebutuhan Pokok
Sering kali anda membeli barang yang sebetulnya tidak anda butuhkan pada saat lebaran. Maka, prioritaskan untuk mencukupi kebutuhan pokok terlebih dahulu speerti beras, gula, dan beberapa bahan untuk membuat sajian Lebaran. Ada hal menarik yang perlu anda coba yaitu belanja di pasar tradisonal, pasti dijamin anda akan lebih berhemat karena harga di pasar tradisional jauh lebih dari pada harga di supermarket.

2. Tunda Membeli Baju Baru dan Perabot Baru
Baju baru alhamdulliah... Tuk dipakai dihari raya... Tak punya pu taka apa-apa... Masih banyak baju yang lama... Ya memang hari Lebaran, anda akan cenderung konsumtif. Baju baru dan perabot baru menjadi hal yang utama dan wajib. Padahal, semestinya anda tidak akan kehilangan makna Lebaran hanya karena tidak memakai baju lebaran atau perabotan yang baru.

Bagi anda yang memilih untuk tetap membeli baju baru dan perabotan usahakan membeli baju Lebaran pada saat diskon besar-besaran atau membelinya di pasar grosir dengan kualitas yang bagus. Jangan sia-siakan moment diskon besar-besaran dan pasar grosir. Bagi anda yang menginginkan kualitas yang terjamin, disarankan untuk membeli langsung pada penjual utama produk pakaian dan perabotan. Dijamin, anda akan memdapatkan harga yang fantastis untuk sebuah paket baju muslim dengan kualitas yang bagus.

3. Membuat VS Membeli Kue Lebaran
Bagi anda yang suka membuat kue Lebaran, maka hari Lebaran bukanlah sesuatu hal yang membuat kantong anda kempes, justru anda telah menemukan solusinya dengan membuat kue sendiri. Disamping sesuai dengan selera, membuat kue sendiri disebut sebagai lahan untuk berbisnis. Anda akan mendapatkan sedikit keuntungan dari berjualan kue produk sendiri disamping untuk dikonsumsi.
Bila anda sangat sibuk dan tidak sempat membuat kue, maka disarankan untuk membeli kue pada rekan anda atau di pasar tradisional yang harganya lebih miring dari pada di supermarket, yang kualitasnya pun tidak jauh beda.

Selamat mencoba tips berlebaran dengan hemat, semoga anda dapat menghemat pengeluaran dan menikmati lebaran kali ini dengan lebih ceria.

Igat!!! UTAMAKAN KEBUTUHAN DARI PADA KEINGINAN.
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 2 komentar ke “Tips Hemat Lebaran”
Riza Ingka mengatakan...
pada hari 

Tips yang menarik semoga berguna bagi mbah untuk mudik ke kampung halaman

gyant mengatakan...
pada hari 

iya saya juga mudik kok bro, udah dapet tiket lum hehe

Poskan Komentar