Kamis, 29 Oktober 2009

Pergeseran Fungsi Rumah

Sewaktu di bangku SD, kita sering menjawab fungsi rumah untuk melindungi diri dari sinar matahari dan air hujan serta binatang buas. Namun seiring perkembangan jaman serta usia kita maka jawaban itu akan lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia merupakan insan sosial sekaligus sebagai insan ekonomi. Sebagai 'insan sosial', manusia memandang rumah dalam fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhan sosial budayanya dalam masyarakat. Sedangkan sebagai 'insan ekonomi' fungsi rumah dipandang sebagai investasi jangka panjang yang akan meperkokoh jaminan kehidupan dan penghidupannya dimasa mendatang.

Sekarang rumah sudah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Dengan rael estate atau perumahan-perumahan dari type sederhana sampai elit. Bentuk bangunan juga tidak sederhana lagi, fasilitasnya juga sangat beragam sehingga rumah menjadi standar status sosial masyarakat tertentu dan menjadi kebanggaan tersendiri.

Di dalam masyarakat berkembang opini bahwa 'rumah' merupakan kulit ketiga dari manusia, dimana yang menjadi kulit kedua adalah pakaian/busana, sedangkan kulit pertama adalah kulit tubuh manusia itu sendiri. Ungkapan lain menyebutkan bahwa 'rumahmu adalah wajahmu dan jiwamu'.


Kalau aku Rumahku Surgaku aja aCh…^___^
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 1
remajaberperan mengatakan...
pada hari 

Memang dah banyak yang berubah fungsi. Tapi law yang beruibah menuju negatif jangan y!!!!!!!!



Salam Reamaja dan Pemuda

Poskan Komentar