Selasa, 03 November 2009

Tips Membeli Rumah

Setelah memposting Tips Membangun Rumah. Ada sahabat melalui ShoutMix minta untuk tips membeli rumah. Memang bagi Anda yang telah berkeluarga, kebutuhan akan rumah menjadi prioritas yang utama. Lokasi yang setrategis,dekat kantor serta dekat dengan sekolah anak adalah impian bagi hampir semua keluarga.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan akan membeli rumah tersebut. Lima faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah antara lain adalah:

1. Lokasi rumah yang hendak dibeli haruslah memiliki akses jalan yang mudah dicapai.
Jangan mudah tergiur oleh janji-janji manis dan iklan pengembang yang mengatakan bahwa perumahan tersebut hanya 10 menit dari pintu tol. Siapa tahu, 10 menit yang dimaksud hanya terjadi pada tengah malam saat jalan lengang. Untuk memastikannya ada baiknya jika Anda melakukan uji coba di jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

2. Pastikan lingkungan calon rumah tinggal memiliki suasana dan tetangga yang menyenangkan karena di sanalah nantinya Anda akan banyak menghabiskan waktu.
Urungkan niat membeli rumah jika ternyata calon tetangga Anda tergolong super cuek. Biar bagaimana pun, nantinya tetangga adalah orang pertama yang akan dimintai tolong jika ada sesuatu yang terjadi pada saat Anda di rumah.

3. Pastikan pula komplek perumahan yang Anda pilih memiliki infrastruktur, seperti akses kendaraan umum, luas jalan, listrik, air, keamanan, kebersihan, pasar, mini market, klinik, sarana olahraga, pusat hiburan, dan sebagainya yang bisa dijangkau dengan mudah.

4. Pastikan rumah yang Anda incar tersebut tidak berada pada daerah rawan banjir.

5. Terakhir, perhatikan kondisi dan kualitas bangunan secara detil.
Bila perlu, buat daftar untuk melakukan cek terhadap kondisi atap, tembok, kusen, jendela, kamar mandi, saluran air, serta lubang angin.

Jika lima langkah ini sudah dilakukan, niscaya rumah yang dibeli akan memberikan kenyamanan bagi Anda sekeluarga.

Saran:
1. Rumah second selalu lebih menguntungkan dibandingkan rumah baru. Disamping harganya lebih murah, lingkungan masyarakatnya sudah terbentuk. Cuma kalau rumah second biasanya pembayarannya tidak boleh dikredit.

2. Bila terpaksa membeli secara kredit cicilan sebaiknya adalah kurang dari 15 tahun, lebih dari itu akan memberatkan Anda.

3.Biasanya kredit langsung ke pengembang bunganya besar. Apa bila kantor Anda bisa memberikan pinjaman lunak maka pinjam saja pada Kantor Anda. Dengan begitu angsuran perbulan Anda tidak terlalu besar.

4. Lokasi adalah komponen yang signifikan, dengan budget yang terbatas. Lebih baik memilih rumah yang lebih kecil namun jelas keamanan dan sarana prasarananya.

Rumahku Surgaku...
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 2 komentar ke “Tips Membeli Rumah”
kakve_santi mengatakan...
pada hari 

luamyan buat jangka panjang ni...:)

gyant mengatakan...
pada hari 

@Santi. Iya....memang harus di persiapkan dari sekarang

Poskan Komentar