Sabtu, 23 Mei 2009

Kegiatan di Waktu Senggang

Ambil waktu senggang, carilah suasana tenang. Persiapkan diri Anda untuk melakukankegiatan ini. Mungkin kegiatan ini akan berlangsung selama 30 menit atau lebih. Dalam melaksanakan kegiatan ini bersikaplah seperti menonton film kehidupan Anda. Jangan biarkan emosi Anda terlibat. Berusahalah untuk menerima apa yang telah terjadi. Bila Anda bermaksud menafsirkan apa yang mungkin terlintas dalam kegiatan ini, maka anggaplah bahwa tidak ada sesuatu pun yang sia-sia, selalu bertujuan, dan baik bagi pengembangan diri.

1~Ambillah secarik kertas, tuliskan nama, tempat dan tanggal lahir, dan data pribadi Anda. Mampukah Anda mengenal diri Anda melalui data-data yang Anda tulis sendiri sembari melepaskan segala harapan-harapan, ketakutan dan kecemasan yang mungkin pernah ditanamkan dalam benak Anda? Mampukah Anda melihat diri melalui data-data yang Anda tulis dengan cara pandang yang polos dan sederhana? Apakah Anda bisa menyadari bagaimana kepribadian yang biasa Anda kenakan dalam kehidupan sehari-hari?

2~Kini tuliskan riwayat pekerjaan Anda. Anda bisa memulainya dari awal atau akhir. Yang penting adalah Anda mampu melihat seluruh riwayat pekerjaan Anda secara utuh. Mungkin di saat menulis itu, Anda teringat pada hal-hal yang menyenangkan atau menyedihkan. Biarkan saja. Sekali lagi, pandanglah catatan riwayat pekerjaan Anda sesederhana mungkin. Tetapi amati setiap kecenderungan yang muncul yang menerbitkan kegembiraan dalam pekerjaan Anda.

3~Tuliskan riwayat pendidikan Anda, sejak kecil hingga sekarang. Tuliskan pula ketrampilan dan hal-hal apa yang pernah Anda pelajari. Sebagian mungkin semakin terasah. Sebagian lain terlupakan. Lihatlah seluruh riwayat pendidikan dan pengajaran Anda secara utuh. Amati setiap kecenderungan yang membuat hidup Anda terasa menyenangkan. Apakah Anda mampu menemukan hubungan antara pendidikan Anda dengan pekerjaan Anda sekarang?

4~Cobalah menulis kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan. Biasanya itu adalah kegiatan yang menyenangkan dan membuat hidup terasa penuh gairah. Bisa berupa hobi, petualangan, organisasi sosial, agama, seni, olahraga, dan lain-lain. Apakah Anda menemukan hubungan antara kegiatan-kegiatan ini dengan pekerjaan dan karir Anda sekarang?

5~Lihatlah diri Anda kini secara utuh, sekali lagi dengan pandangan yang polos dan sederhana (tanpa dibebani harapan akan masa depan dan penyesalan pada masa lalu), mampukah Anda menemukan diri Anda sekarang sebagai sebuah simpul dari benang-benang masa lalu? Bisakah Anda menemukan hubungan dari semua ini?

Berjalan di atas potensi dan bakat diri selalu berkaitan erat dengan kebahagiaan dan gairah hidup. Bila Anda benar-benar mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan potensi dan bakat, Anda akan menemukan kegembiraan dan energi yang luar biasa besar. Kegiatan di atas hanya selembar kegiatan alternatif untuk mengenal titik-titik potensi yang memicu kebahagiaan dalam diri (bila sekarang Anda masih bisa merasakan gairah atas kegiatan Anda di masa lalu, maka itu adalah gairah yang muncul dari potensi diri Anda.) Tentu takkan cukup lima point kegiatan di atas untuk benar-benar mengenal diri, karena mengenal diri adalah proses yang terus berjalan - bahkan hingga akhir hayat. Namun setidaknya, dengan sedikit demi sedikit menguak apa yang ada dalam diri, Anda akan menemukan sesuatu hal aturan sederhana: bahwa hanya dengan menjadi diri sendirilah seseorang menemukan kebahagiaan sejatinya. Dan, pengembangan diri semestinya bertujuan untuk menemukan kebahagiaan diri yang sejati, bukan yang lain.


Lagi-lagi saya sendiri belum juga mengenal diri sendiri secara utuh ^_^




Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 1
Akhmad Baiquni mengatakan...
pada hari 

wah pak, emosi jiwa emg klo kita ngliat diri dan tidak puas

Poskan Komentar