Jumat, 09 April 2010

Bedug Terbesar di Dunia

Saat pulang kampung ke Jogja saya menyempatkan bermain ke alun-alun Purworejo dan sekaligus ke Masjid Agung Darul Muttaqien yang letaknya di sebelah barat alun-alun Purworejo. Untuk melihat bedug terbesar di dunia secara dekat dan tidak terlewatkan untuk foto-foto di dekat bedug.

Bedug terbesar di dunia berada di dalam Masjid Darul Muttaqien, Purworejo. Bedug ini merupakan karya besar umat Islam yang pembuatannya diperintahkan oleh Adipati Tjokronagoro I, Bupati Purworejo pertama. dibuat pada tahun 1762 Jawa atau 1834 M. Dan diberi nama Kyai Begelan. Ukuran atau spesifikasi bedug ini adalah :

Panjang Rata-rata 292 cm

Garis tengah depan 194 cm

Garis tengah belakang 180 cm

Keliling bagian depan 601 cm

Keliling bagian belakang 564 cm

Jumlah paku depan 120- buah

Jumlah paku belakang 98 buah

Bahan dari pohon jati bercabang lima (Pendowo) dari dukuh Pendowo desa Bragolan Purwodadi Purworejo Jawa Tengah. Bagian yang ditabuh dari bedug ini dibuat dari kulit banteng. Bedug raksasa ini dirancang sebagai “sarana komunikasi” untuk mengundang jamaah hingga terdengar sejauh-jauhnya lewat tabuhan bedug sebagai tanda waktu sholat menjelang adzan dikumandangkan. Sekarang beduk ini hanya dibunyikan setiap hari Jum’at dan setiap hari raya atau hari besar.


Oiya..sobat, kalau sobat berkunjung ke Masjid Darul Muttaqien, bila sudah waktunya sholat atau adzan sudah berkumandang bersegeralah berwudhu dan mengikuti sholat berjamaah. Bila tidak siap-siap saja sobat ditegur sama petugas/pengurus Masjid.hehehehee..pengalaman pribadi…
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 10 komentar ke “Bedug Terbesar di Dunia”
Seiri Hanako mengatakan...
pada hari 

mana gambarnya??

nongol lagi niy..

hhehehehe

Rizky2009 mengatakan...
pada hari 

sayang nih g ada gambar pendukungnya, jd g tahu gimana bentuk bedugnya

gyant mengatakan...
pada hari 

@seiri. iya bu..uda lama gak ngeblok...lagi sibuk di dunia nyata. hehehe..maap kirain tadi uda q uplod fotona...skarang uda ada gambarna
@rizky. maap-maap buru-buru lupa gambarna lum saya uplod. maklum uda lumayan lama ga ngeblog.hehe

Rizky2009 mengatakan...
pada hari 

nah kalau ginikan enak, ada gambarnya meski g bisa lihat langsung, lihata gambarnya aja setidaknya dah ngurangi rasa penasaran gimana bentuk bedugnya, makasih yah sob

Nadine mengatakan...
pada hari 

nyobain bedug nya gak nih?

the minds mengatakan...
pada hari 

berkujung perdana

salam kenal

sudilah kiranya mampir dan berkomentar di tempatku dan menjalin persahabatan


^__^

kiki mengatakan...
pada hari 

hehehhe..saya udah penah ke sini lho..pas zaman baheula tinggal di jogja aku sempetin maen ke t4 tmn di purwerejo...wouh saya ampe merinding terkagum dg kebesaran-Nya

uci cigrey mengatakan...
pada hari 

wahahaha, lagian waktunya sholat malah foto foto.huuu gyant :D

enak banget gyant jalan jalan, makasih udah diceritain
*oleh oleh bedug dong

hannindiari mengatakan...
pada hari 

oohh yang di purworejo ya, ga jauh nih dari SMA aku :)
dulu juga sering sholat disitu :)

Jual Bedug Masjid mengatakan...
pada hari 

rampak bedug
bedug vector
bedug masjid
bedug lebaran
bedug terbesar di dunia
bedug purworejo

Posting Komentar