Sabtu, 21 November 2009

Tips bersepeda Motor Saat Musim Hujan

Saat ini merupakan musim hujan. Bagi pengendara sepeda motor, hujan bisa mengganggu perjalanan mereka. Di bawah ini beberapa tips cara aman berkendara saat hujan.

1.Gunakanlah ban sepeda motor yang baik, dan tidak botak
. Jika ban sudah botak dan licin permukaannya, sebaiknya segera diganti. Kalau kedalaman alur sudah kurang dari dua mm, sebaiknya segera diganti. Dan pakailah ban yang kembangannya mampu menyalurkan aliran air ke bagian luar. Sebab, kalau alur kembangannya ke dalam, maka itu akan mengotori mesin.

2.Turunkan tekanan ban. Saat hujan, tekanan udara pada ban sebaiknya dikurangi. Sebab, dengan kondisi jalanan yang berair, maka tidak seluruh permukaan ban akan menempel pada aspal. Kondisi ini bisa membahayakan, dan roda gampang slip. Dengan sedikit dikempiskan, maka permukaan ban yang menempel pada aspal akan semakin banyak, dan itu berguna untuk mengurangi terjadinya slip.

3.Sediakan selalu mantel atau jas hujan pada jok sepeda motor anda. Jas hujan atau mantel bisa yang model celana, ataupun yang model terusan. Tapi di saat musim hujan, mantel yang praktis sebenarnya model celana. Sedangkan yang terusan, bisa mengganggu pengendara lain, karena sering berkibar-kibar dibelakang. Kondisi ini bisa meneyebabkan si pengendara akan mengalami kecelakaan.

4.Gunakan helm standar. Dengan menggunakan helm standar yang memakai penutup depan, maka air hujan tidak akan mengganggu pemandangan si pengendara. Helm standar maksutnya helm yang sudah ber SNI

5. Oleskan tembakau pada kaca helm. Tembakau rokok bisa dipakai untuk menghilangkan kumpulan air dan embun pada kaca helm. Derasnya air hujan sering kali, menghalangi pemandangan pengendara sepeda motor. Apalagi kalau helm yang dipakai hanya helm biasa dan full face, maka hawa di dalam helm menjadi berubah dan itu menyebabkan kaca helm berembun. Nah, dengan menaburkan sedikit tembakau rokok pada permukaan kaca helm, lalu kemudian dibersihkan, maka dijamin air tidak akan mengumpul pada satu tempat dan embun juga akan hilang.


Semoga bermanfaat…!!!!
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 komentar ke “Tips bersepeda Motor Saat Musim Hujan”

Posting Komentar