Kamis, 21 Januari 2010

Menentukan Pilihan

Pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan memegang peranan yang sangat penting, karena keputusan yang diambil oleh seseorang harus dilaksanakan oleh mereka nantinya. Pengambilan keputusan pada hakikatnya adalah pemilihan alternatif yang paling kecil resikonya, untuk dilaksanakan dalam rangka pencapaian suatu kesuksesan atau keberhasilan kelak.

Salah satu tolak ukur seseorang mengambil keputusan adalah kecekatan dan kemampuan mengambil keputusan yang rasional, logis berdasarkan daya pikir yang kreatif dan inovatif. Namun terkadang dalam mengambil keputusn sering terganggu oleh lingkungan misalnya takut gagal, takut salah sehingga akan malu pada lingkungan sekitarnya. Padahal lingkungan atau orang di sekitar kita belum tentu memperhatikan atau memperolok keputusan yang kita ambil.


Misalnya dalam hal memilih pasangan hidup (memang ini berat), sudah berjalan bersama-sama, sudah saling mengenal, dan sudah melihat banyak kecocokan, tapi terus saja bingung, takut ini ,takut itu, tidak bisa mengambil keputusan apakah orang itu yang harus menjadi pendampingnya. Inilah contoh orang-orang yang dalam kehidupan sehari-hari tidak mudah untuk mengambil keputusan, yang penting Jangan Banyak Memilih saja.hehehehe….

Sebaiknya kita berserah diri sama Allah, sungguh-sungguh berdoa sehingga kita dapat mengambil keputusan yang baik, apa pun yang terjadi Allah yang mengatur segalanya. Setelah berserah diri sama Allah baru kita berkonsultasi sama orang lain, meminta masukan,saran dan lain-lain. Konsultasi sama orang lain dapat mendatangkan pandangan dari sudut perspektif yang berbeda.

Kita memang harus menyadari bahwa itulah sesungguhnya proses pengambilan keputusan, yaitu proses menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang tersedia. Dengan kata lain, kita memang mesti melihat apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada setiap alternatif itu. Namun, kita mesti mengingat satu kebenaran bahwa apa pun keputusannya, Allah yang menentukan. Jangan sampai kita menjadi takut untuk membuat kesalahan. Sudah tentu kita harus berhati-hati, tapi sampai titik tertentu kita tetap harus mengambil keputusan.

Kuhargai keputusan dan pilihanmu...(walah palah lebay)




Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 1
we care mengatakan...
pada hari 

yang palin penting adalah pertimbangan yg komprehensif..dan konsistensi pelaksanaan dr pilihan

Poskan Komentar