Kamis, 14 Januari 2010

Melihat Karakter Seseorang dari Facebook

Mem-posting sesuatu di Facebook entah status,dinding atau komentar adalah merupakan buah pikiran si pemilik akun Facebook. Bahkan bisa menciptakan atau menunjukkan karakter seseorang. Meski telah memoles sebaik-baiknya profil di Facebook mereka, namun percuma saja kalau masih memiliki atau membuat catatan online yang kurang baik dan bisa dilihat semua orang.

Banyak kita jumpai profilnya bagus, namun dalam memberi komentar, membuat status sering bertolak belakang dengan profil yang mereka buat. Ya jelas saja berbeda, dalam membuat profil kadang memang sengaja dibuat-buat dan lebih memerlukan waktu dan pikiran untuk membuatnya. Sedangkan untuk berkomentar atau menjawab komentar biasanya sepontan dari dalam diri masing-masing. Sehingga dari situ kita dapat mengintip sedikit karekter pemilik akun Facebook.

Bersosialitas di dunia maya, terlihat sangat terbuka, sehingga imej seseorang mudah terbentuk dari opini-opini yang dia keluarkan. Citra tersebut akan menjadi sources yang related bagi pemberi kerja untuk menilai calon pekerja. Hati-hati berkomentar khususnya para facebooker yang saat ini sedang mencari kerja, karena perusahaan-perusahaan besar mulai menggunakan facebook sebagai bahan rekomendasi pelamar.

Seperti dikutip ditik.com satu dari 10 pelamar kerja ternyata ditolak karena ketahuan telah mem-posting sesuatu tentang minum-minuman keras dan obat-obatan terlarang. Kemudian, 13% karena membuat komentar rasis, dan 9% lainnya ditinjau ulang karena kedapatan menempatkan foto cabul di halaman situs jejaring sosial tersebut.

Gambaran tentang dampak Facebook ini didapat dari hasil survei Career Builder terhadap 450 karyawan perusahaan. Farhan Yasin, presiden Career Builder mengatakan, situs seperti Facebook bisa menjadi bom waktu.

"Banyak yang memakai situs jejaring untuk menguak hal "kotor" di dunia maya. Maka, bersihkan konten "kotor"-mu sebelum mencari pekerjaan. Hapus semua konten foto dan link yang bisa menjadi batu sandungan dalam mencari pekerjaan," imbau Yasin soal hasil survei tersebut. Salah satu perusahaan bernama Big Brother mengakui kesalahan terbesar yang dibuat oleh pencari kerja ialah tak bisa menjaga perilakunya di Facebook.

Jaga perilaku walau di dunia maya...
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 6 komentar ke “Melihat Karakter Seseorang dari Facebook”
yuzrond mengatakan...
pada hari 

mmm.. nice info.
jadi kesimpulannya,
kalo nuliz sesuatu di dunia maya
haruz hati2.
hehe.. bener gak?
:P

gyant mengatakan...
pada hari 

@yuzrond. yupzzz...bener banget..

NyieL ^_^ mengatakan...
pada hari 

Ea dech!
Jaga periLaku di dunia maya!
Naiz post! (:

gyant mengatakan...
pada hari 

@NyieL ^_^. Nah..gitu dung...jangan ngeyel.wkwkwkkkk

Rizky2009 mengatakan...
pada hari 

aq punya FB tp jarang aq buka, dan hampir g pernah lagi, kalau kepribadian seseorang d lihat dari blognya gimana sob, wajib jawab, d tunggu jawabannya

gyant mengatakan...
pada hari 

@Rizky2009. bisa juga dari blogna... kalau yang sering copas alias copy paste brarti kurang kreatip.hehehehe...

Posting Komentar