Senin, 04 Januari 2010

Kegiatan Liburan

Liburan tidak musti dilakukan dengan kegiatan-kegiatan hura-hura. Disamping mengisi liburan saya dengan bermain yang mungkin tidak ada manfaatnya, saya selingi dengan hal yang menurut saya bermanfat buat saya dan lingkungan. Di sela-sela liburan saya di kampung halaman saya manfaatkan untuk menana pohon jati dan besiah atau sengon laut.

Pada saat saya mau berangkat ke kebun ada salah satu tetangga saya yang bertanya dan pertanyaan itu cukup menggelitik saya. Pertanyaannya kurang lebih begini ”Percuma menanam pohon kita gak dapat menikmatinya, pohon jati kan perlu puluhan tahun untuk bisa ditebang untuk dijual” Kemudian saya jawab dengan enteng saja “Saya membangun rumah bahkan Anda juga membangun rumah, apakah kayu yang Anda pake juga hasil tanaman Anda

Memang pohon jati perlu waktu lama untuk bisa langsung kita nikmati. Namun setidaknya kalau kita menanamnya buat generasi kita kelak. Bukannya kita sekarang juga menikmati hasil jerih payah nenek moyang kita dahulu. Terus siapa lagi kalau tidak kita sendiri untuk menyelamatkan generasi yang akan datang.

Pengalaman saya dari orang-orang yang pernah menanam pohon besiah, kurang lebih umur 10 tahun pohon sudah bisa ditebang untuk dijual. Maka dari itu saya tertarik untuk menanamya di antara sela-sela pohon jati yang sudah mulai membesar. Berikut foto-foto kegiatan saya:

Bibit besiah atau sengon laut


Menata untuk di bawa ke kebun



Lagi mau menanam pohon




Pohon jati yang sudah lama tumbuh



Salam senyum lucu...
Senyum Lucu



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Komentar :

ada 2 komentar ke “Kegiatan Liburan”
famdy mengatakan...
pada hari 

hebat sangad.....
mempersiapkan buat generasi mendatang.....
betul...betul...betul.....
saya suka ni..... (ipin mode on) :)

gyant mengatakan...
pada hari 

ya..kita sekarang ini bisa enak karena sudah di siappkan oleh pendahulu kita. jadi wajar kalau kita juga mempersiapkan untuk generasi yang akan datang.

Poskan Komentar